Yamaha STSJ

Cukup 5 Menit, Ini Tips Sederhana Membersihkan Busi Sepeda Motor

WARUNGBIKER.COM – Brosis,.salah satu bagian vital dari mesin yang menunjang pembakaran adalah busi. Busi ini berfungsi memercikan bunga api guna membakar bahan bakar yang telah bercampur udara dalam proses pengabutan dan di hisap masuk ke dalam kepala silinder oleh piston.

Karena salah satu bagian vital, busi ini harus segera dibersihkan ketika bagian kepalanya sudah hitam dan dipenuhi dengan arang sisa-sisa pembakaran.

Pasalnya, saat kepala busi sudah menghitam, elektroda busi akan sulit mengalirkan listrik hingga membuat kendaraan Anda sulit dihidupkan.

Tanda lainnya, biasanya kendaraan akan sedikit sulit untuk dihidupkan karena proses pengapian yang terganggu, nafas kendaraan terdengar pendek, laju kendaraan tersendat-sendat atau bahkan mogok.

Idealnya, waktu terbaik membersihkan busi adalah setiap kendaraan menempuh jarak 4000 km. Lebih lanjut, brosis bisa membuka buku panduan sepeda motor yang diberikan saat pembelian.

Sebenarnya merawat busi bukanlah hal yang sulit. Brosis bisa melakukannya di rumah, hanya dengan modal kunci busi dan perlengkapan tambahan.

Waktu untuk melakukannya pun tergolong singkat, hanya beberapa menit saja. bahkan kurang dari 5 menit jika dilakukan sungguh-sungguh.

Untuk membersihkan busi yang sudah kotor, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Pastikan mesin kendaraan Anda sedang dalam kondisi dingin. Jika masih panas, sebaiknya tunggu hingga dingin.
  2. Buka busi dengan menggunakan kunci busi, kemudian siram bagian kepala busi dengan bensin. Ingat hanya di siram sedikit saja.
  3. Setelah itu, bersihkan kerak atau sisa karbon pembakaran dengan sikat. Lakukan hingga bersih, dan siram kembali busi untuk menghilangkan sisa-sisa kerak tersebut.
  4. Terakhir, semprot busi dengan kompresor, dan keringkan. Cek apakah masih mengeluarkan api atau tidak. Jika api-nya masih bagus, Anda bisa menggunakannya kembali.

Sebagai catatan, sebaiknya jangan merendam busi di dalam bensin. Pasalnya cara ini bisa mengikis elektroda pada busi, dan membuatnya cepat rusak. Seperti disebutkan di atas, caranya bukan direndam, tapi disiram saja agar sisa karbon pembakaran mudah dibersihkan.

Selain itu, hindari membersihkan busi dengan meng-amplas bagian elektrodanya, atau memajukan dan memundurkan bagian kepala busi untuk mendapatkan api yang lebih besar. Cara ini justru akan membuat usia pakai busi lebih singkat (cepat mati).

Jika ternyata busi yang digunakan sudah mati, sebaiknya ganti dengan merek busi berkualitas tinggi, atau yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan sepeda motor anda. Semoga berguna.