Yamaha STSJ

Electric Starter Motor Ngambek? Wajib Periksa 5 Komponen Berikut Ini

Warungbiker.com – Brosis, electric starter sudah menjadi standar wajib untuk menghidupkan mesin motor, bahkan baru-baru ini pabrikan telah memutuskan untuk menghilangkan kick starter pada type tertentu sepeda motor dan hanya mengandalkan electric starter saja.

Namun sangat menjengkelkan jika electric starter yang merupakan satu-satunya piranti untuk menghidupkan mesin motor harus mengalami kendala.

Untuk motor jenis sport, masih ada solusi yakni dengan mendorong sepeda motor layaknya motor balap, namun jika untuk jenis skutik kita hanya bisa pasrah sembari menunggu bantuan dari bengkel jaga.

Usut punya usut, setidaknya ada 5 komponen wajib yang harus diperiksa saat mengalami kendala electric starter tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

1. Sekring / Fuse

Komponen pengaman dalam system kelistrikan sepeda motor ini wajib di periksa terlebih dahulu. Beberapa kasus yang admin temui, biang kerok electric starter ngambek adalah dikarenakan sekring putus.

Jadi Brosis bisa memeriksa kondisi sekring terlebih dahulu sebelum memeriksa komponen lainnya. Letak sekring pada sepeda motor adalah dekat dengan aki.

2. Switch Starter

Switch starter merupakan komponen yang berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menyambung arus listrik. Saat electric starter tidak berfungsi, sebaiknya Anda pastikan dulu jika komponen ini benar-benar berfungsi.

Caranya, sambungkan kabel antara switch starter tersebut, jika terdengar bunyi cekrek-cekrek atau malah malah berfungsi, itu tandanya switch starter sudah rusak atau kotor dan perlu dibersihkan.

3. Bendik / Rellay Starter

Bendik / Rellay starter berguna untuk memicu aliran listrik dari aki yang nanti akan di teruskan ke dinamo starter. Jika bendik mengalami masalah kerusakan, sudah tentu arus listrik tidak akan mampu melewati dinamo starter, dan mesin pun tidak akan menyala.

Untuk memastikannya, coba dengarkan baik-baik komponen yang satu ini. Jika switch starter ditekan dan bendik tidak merespon/tidak ada suara apapun, maka Anda patut curiga masalahnya pada bendik.

4. Dinamo Starter

Kerusakan dinamo starter tergolong cukup langkah karena komponen ini tergolong aman. Biasanya, kerusakan dinamo starter disebabkan karena arang kumparannya (brush) terputus atau gosong karena konslet atau sebab lainnya.

Untuk kerusakan dinamo starter bisa dicek dengan cara, jika bendik bereaksi saat switch starter ditekan (dalam kondisi on), patut dicurigai kerusakannya di bagian komponen ini.

5. Aki Soak

Jika seluruh komponen dipastikan dalam kondisi bagus, maka penyakit terakhir yang mungkin terjadi adalah aki yang sudah soak. Tentu saja untuk memastikannya, Anda bisa menggunakan aki lain yang masih bagus sebagai pemancing.

Jika aki sudah soak, solusi paling jitu adalah dengan membeli aki baru (jika Anda menggunakan aki kering). Untuk aki basah, Anda bisa mengganti cairan aki kemudian menyetrumnya kembali.

Nah,. itulah 5 komponen yang wajib di periksa jika electric starter sepeda motor tidak bekerja. Terimakasih, semoga bermanfaat.