Yamaha STSJ

#Cari_Aman Saat Berkendara, Hindari 5 Hal Berikut Ini!

warungbiker.com – brosis sekalian, saat berkendara kadang kita tidak sadar melakukan hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Paling fatal, bisa memicu terjadinya kecelakaan yang berujung dikenakan sanksi denda maupun kurungan penjara.

Tentunya, brosis sekalian tidak mau hal itu itu menimpa diri atau orang yang kita cintai.

Hari Setiawan selaku Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim memberikan tips #Cari_Aman berkendara dengan tidak melakukan 5 hal berikut ini :

  1. Merokok Saat Berkendara. Merokok pada waktu berkendara dijalan dapat merugikan pengguna jalan yang lain dan menggangu konsentrasi.
  2. Bermain HP/Ponsel. Mengoperasikan ponsel saat naik motor sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain karena akan berkurangnya konsentrasi dan kewaspadaan.
  3. CengLu (Bonceng Tilu). Sesuai dengan fungsinya, motor hanya boleh digunakan berboncengan untuk 1 orang. Jika lebih, selain melanggar lalu lintas juga dapat merusak motor karena muatan yang berlebih.
  4. Melawan Arus. Tindakan ini sangat keras dilarang karena bisa memicu terjadinya kecelakaan.
  5. Mematikan Lampu Sein. Lampu sein adalah alat pemberi tahu pengendara lain ketika berbelok atau berpindah jalur dan kebiasaan ini dapat memicu kecelakaan.

Masih menurut Hari Setiawan, Beberapa kebiasan salah tersebut sering dilakukan oleh pengendara motor. Selain dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan juga melanggar peraturan lalu lintas yang berlaku. Untuk itu #Cari_Aman saat berkendara itu penting.