Yamaha STSJ

Cara Mudah Memeriksa Cairan Pendingin Honda Sonic 150R

WARUNGBIKER.COM – Cara Mudah Memeriksa Cairan Pendingin Honda Sonic 150R.

Pada kesempatan kali ini, admin akan berbagi tips motor yakni “Cara Mudah Memeriksa Cairan Pendingin Honda Sonic 150R”.

Meski sudah ada di buku pedoman pemilik yang disertakan saat pembelian, keyakin admin bahwa bro-sist yang telah memboyong new Sonic sebagai tunggangan pilihan tentunya enggan untuk membaca buku pedoman pemilik.

Atau bisa jadi sudah tidak tahu dimana buku pedoman pemilik tersebut berada.

Resevoir Tank pada new Sonic bisa disebut anti mainstream, jika pada umumnya reservoir tank berwarna putih susu sehingga memudahkan untuk melihat tinggi permukaan cairan pendingin atau yang disebut coolant.

Berbeda dengan new sonic yang menggunakan reservoir tank berwarna hitam gelap.

Mungkin RnD AHM punya tujuan tersendiri kenapa reservoir tank berwarna gelap dipilih untuk di aplikasikan pada new sonic.

Reservoir Tank berwarna gelap tentunya punya kendala tersendiri bagi kita yang ingin mengetahui tinggi permukaan cairan pendingin.

Terlebih untuk orang yang awam atau orang yang tidak tahu sama sekali tentang seluk beluk kendaraan bermotor.

Maka langkah yang harus dilakukan untuk memeriksa tinggi permukaan cairan pendingin atau coolant adalah sebagai berikut.

  • Letakkan sepeda motor pada permukaan yang keras dan rata, kemudian gunakan standart tengah agar motor dalam kondisi tegak.
  • Lepaskan tutup tangki cairan pendingin atau reservoir tank dengan memutar/puntir tutup kearah kiri kemudian bersihkan deep stick dengan kain lap hingga bersih.
  • Masukan tutup tangki cairan pendingin atau reservoir tank sampai menyentuh dudukannya, namun jangan di kencangkan. Kemudian angkat tutup tangki tersebut dan pastikan cairan coolant yang menempel pada deep stick berada diantara batas terbawah dan batas teratas.

  • Jika tinggi permukaan cairan pendingin sudah sesuai maka kencangkan tutup tangki cairan pendingin tersebut dengan memutar/puntir kearah kanan, jika kurang namun tidak draktis maka tambahlah cairan pendingin atau coolant sesuai dengan pentunjuk buku pedoman yang dianjurkan. Namun, jika tinggi permukaan berkurang draktis atau bahkan tidak ada sama sekali maka ada baiknya new sonic bro-sist dibawa ke beres (bengkel resmi) terdekat untuk dilakukan pemeriksaan sehingga resiko kebocoran bisa diketahui sedini mungkin.

Last, itulah sedikit corat-coret yang bisa admin bagi pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.