Yamaha STSJ

Wajib Paham! Ketahui Kondisi Mesin Motor Dari Warna Busi

Warungbiker.com, SURABAYA – brosis sekalian, pastinya kalian pernah mengganti busi sepeda motor kesayangan? Kalau sudah pernah ganti busi, pasti tahu bagaimana kondisi mesin cukup dengan melihat warna busi sepeda motor.  

Busi pada mesin punya fungsi vital, komponen ini berguna untuk membakar campuran bahan bakar dan udara didalam ruang bakar dengan mengkonversi listri tegangan tinggi dari koil menjadi bunga api.

Busi yang beredar di pasaran saat ini memiliki beragam jenis sesuai kebutuhan, diantaranya busi nickel, busi resistor, busi platinum, busi iridium dan busi racing.

Ragam busi tersebut memiliki perbedaan material ujung tip electrode yang menjadikan setiap busi memiliki performa yang berbeda.

Karena punya fungsi vital, busi punya masa pakai, kinerja busi lambat laun akan berkurang sesuai dengan masa pakai mesin.

Umumnya, tiap pabrikan merekomendasikan busi diganti setiap kendaraan/motor mencapai jarak tempuh 8000 km.

Di sisi lain, komponen ini juga bisa dijadikan indikator untuk mengetahui  kondisi pembakaran mesin melalui warna elektrodanya di bagian kepala busi.

PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) via laman Instagram @mpmhondajatim memberikan Tips/Cara mendeteksi kondisi mesin dari warna busi.

1. Warna abu-abu atau Merah Bata


Pada warna ini menandakan bahwa busi dan mesin motor dalam keadaan baik dan normal.


2. Warna hitam dan Kotor


Pada warna ini menandakan bahwa adanya ketidak seimbangan campuran bahan bakar dan udara.


3. Warna putih pucat


Pada warna ini menandakan bahwa busi dalam keadaan terlalu panas karena penggunaan BBM yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor.


4. Busi yang aus


Pada kondisi ini busi bisa jadi aus kalau proses pengapian terlalu cepat dan kurangnya waktu pendinginan.


5. Warna hitam dan Berlumur Oli


Pada warna ini menandakan bahwa ada kebocoran ring piston sehingga oli mesin yang masuk ke ruang bakar akan membuat pembakaran campuran.

Karena setiap komponen motor harus diperhatikan dengan baik, khusus untuk sepeda motor Honda, maka lakukanlah pemeriksaan dan perawatan secara rutin di bengkel AHASS terdekat agar performa mesin tetap terjaga. Terimakasih, Semoga Berguna.