Yamaha STSJ

Biar Skutik Hondamu Gak Rewel, Perhatikan 3 Komponen Ini!



Warungbiker.com, KEDIRI – BroSis sekalian, saat ini sepeda motor skutik selalu jadi pilihan untuk menunjang mobilitas/berkendara sehari-hari. 

Mengendari sepeda motor jenis skutik dinilai lebih praktis jika dibandingkan dengan sepeda motor jenis cub/sport. 

Kendati demikian, pemilik skutik harus punya perhatian lebih untuk merawat kendaraan sehingga hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya mogok dijalan tidak terjadi.

Ngomongin soal perawatan, sepeda motor skutik tidak melulu cuma rutin ganti oli saja. Terdapat 3 komponen lain yang penting untuk dirawat dan diperhatikan.

Ketiga komponen tersebut adalah komponen yang terdapat pada transmisi otomatis atau CVT (Continuously Variable Transmission), yakni V-belt, Roller dan kampas kopling.

Seperti diungkapan Agus Sulistiono selaku Service Advisor (SA) Ahass Agung Putra, Kediri. “ Sepeda motor skutik, selain dilakukan perawatan rutin berupa ganti oli, area CVT juga harus diperhatikan khususnya V-belt, Roller dan kampas kopling agar performa motor tetap terjaga. Harus di check sesuai jadwal perawatan ,apabila kotor harus di bersihkan dan diukur batas minimum / maksimum komponen yang terdapat dalam CVT, jika ada yang aus harus dilakukan pergantian”.

Yang pertama, V-Belt, jika tidak terawat bisa menyebabkan masalah dan bahaya saat motor sedang melaju di jalan.

Khusus untuk skutik Honda seperti Beat, Vario, Genio dll V-belt harus di ganti saat motor sudah menempuh jarak 24.000 km.

Selanjutnya, roller. Komponen ini juga tak kalah penting untuk dirawat. Walaupun bentuknya kecil, tapi fungsinya cukup besar.

Roller pada motor matik terdiri dari 6 buah. Kalau rusak satu roller, disarankan untuk diganti semuanya.

Gejala yang ditimbulkan jika roller rusak bisa kita ketahui dari adanya bunyi atau suara berisik (cetak-cetak) pada area CVT.

Ketebalan dari kanvas kopling juga wajib diperhatikan, karena jika sudah di bawah batas servis akan sangat berbahaya jika digunakan karena bisa merusak komponen CVT lainnya seperti mangkok kopling.

Itulah 3 komponen yang wajib diperhatikan perawatannya oleh teman-teman selaku pemilik skutik. Untuk yang tidak suka ribet, serahkan perawatan CVT pada jaringan Ahass terdekat. Terimakasih, semoga berguna.