Yamaha STSJ

Tangki Yamaha Grand Filano di Bawah Dek, Aman Nggak Ya?


Warungbiker.com – Tangki Yamaha Grand Filano di Bawah Dek, Aman Nggak Ya?

BroSis sekalian,  hadir satu pertanyaan menarik yang dilontarkan pembaca mengenai posisi tangki BBM Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected.

Yups, seperti kita ketahui bersama, posisi tangki bahan bakar Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected berada di bawah, tepatnya di bagian dek. Yang menjadi pertanyaan amankah jika skutik kece ini kita kendarai menerjang genangan air?

Saat bedah teknologi di Sentral Yamaha Dupak beberapa waktu lalu (19/3), Ilham Wahyudi, selaku GM Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengungkapkan bahwa Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected aman diajak menerjang genangan air dalam batas tertentu.

"Grand Filano punya batas aman ketinggian air untuk dilintasi, yaitu setengah roda atau di bawah lubang knalpot. Dengan asumsi tersebut, air tidak akan masuk baik lewat air intake dan knalpot jadi motor tetap aman. Jika lebih dari itu, baiknya cari jalan lain." Ujar Ilham Wahyudi

Lebih lanjut ia menyampaikan, pemilik Yamaha Grand Filano tak perlu khawatir jika tangki terendam air dan merusak komponen di dalamnya seperti pompa bahan bakar. Pasalnya tangki tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga air tak mudah menembus ke dalam.

Selain itu terdapat pelindung tambahan di bawah tangki, yang mana bertujuan untuk melindungi tangki jika terjadi benturan.

"Jadi tangki ini tidak dibuat telanjang, ada penutup yang melindungi sehingga air tak akan masuk ke dalam. Selama batas air masih wajar, tidak akan masalah, ditambah ada plat tambahan yang melindungi tangki dari benturan." tambahnya

Fitur Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected

Sekadar informasi, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected menjadi skutik matik pertama dikelasnya yang telah menggunakan TFT Sub Display, sehingga membuat tampilan digital speedometer semakin informatif dengan tampilan berwarna dan animasi seperti Welcome dan Goodbye Message, Odometer, Fuel Consumption, serta Power Assist Indicator. 

Dari sisi pencahayaan, Grand Filano semakin terang karena seluruh lampu sudah menggunakan LED seperti Diamond Shaped LED Headlight, Unique LED Position Light, Front dan Rear LED Turn Signals, LED Tailight hingga lampu LED pada bagasi. 

Skutik anyar ini juga dilengkapi berbagai fitur, seperti One Push Start, Smart Key System, Electric Power Socket, Y-Connect, Smart Front Refuel, lampu hazard, dan kapasitas bagasi hingga 27 liter. Ukuran ban yang digunakan untuk bagian depan dan belakang sama, yakin 110/70 - 12 inci. 



Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected hadir dalam 2 (dua) kategori dengan tampilan warna yang berbeda, yaitu LUX dan NEO. 

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected LUX dengan desain jok premium untuk karakter pengendara lebih elegan dan mewah memiliki 2 (dua) pilihan warna premium, diantaranya LUX White Pearl dan LUX Matte Blue, yang dipasarkan dengan harga Rp 29.688.000,-  OTR Surabaya.

Kemudian Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected NEO dengan pilihan 4 (empat) pilihan warna lebih beragam, diantaranya NEO Dull Blue, NEO Red, NEO Beige, dan NEO Black yang dipasarkan dengan harga Rp 29.188.000,- OTR Surabaya.