Yamaha STSJ

Bukan Karat! Ini Klarifikasi Honda Tentang Noda Kuning Pada Rangka eSAF

Warungbiker.com - Bukan Karat! Ini Klarifikasi Honda Tentang Noda Kuning Pada Rangka eSAF.

Brosis sekalian, belakangan ini jagat maya dihebohkan dengan banyaknya postingan mengenai noda kuning pada rangka eSAF Honda. 

Banyak muncul spekulisi yang menyebutkan bahwa noda kuning pada rangka tersebut merupakan karat. 

Berhubung admin juga bukan pakar dalam bidang tersebut, sehingga admin mencoba menahan diri untuk tidak sembarangan mempublikasin temuan netizen tersebut. 

Hingga pada akhirnya, AHM selaku produsen sepeda motor Honda di tanah air mulai angkat bicara atau melakukan klarifikasi mengenai noda kuning pada rangka eSAF buatannya itu. 

Ternyata noda kuning yang sekilas mirip karat tersebut merupakan silikat. Silikat atau Silicate merupakan hasil reaksi silicon dengan oksigen pada proses pengelasan. Pada dasarnya silicon ini dibutuhkan dalam proses pengelasan MIG (Metal Innert Gas) pada rangka.

Silicon sendiri punya kemampuan mencairkan las-lasan. Diperlukan untuk mengisi permukaan yang perlu diisi agar  permukaan las lebih halus. Fungsi lainnya adalah melindungi proses pengelasan dari kontaminasi oksigen penyebab hasil las berlubang.

Nah, biar enggak penasaran. brosis bisa langsung meluncur ke laman instagram @welovehonda_id untuk menyimak lebih detail mengenai silikat yang nampak seperti noda kuning pada rangka eSAF Honda tersebut.