Yamaha STSJ

Intip Rahasia Sukses Yamaha Bikin Rangka Motor Bebas Karat


Warungbiker.com, JAKARTA - Intip Rahasia Sukses Yamaha Bikin Rangka Motor Bebas Karat.



Brosis sekalian, Alhamdulillah admin mendapat kesempatan untuk berkunjung ke pabrik Yamaha di Pulo Gadung guna melihat langsung proses produksi sepeda motor Yamaha pada Kamis, 31 Agustus 2023. 


Acara yang bertajuk "Media Factory Visit" ini digagas oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bekerja sama dengan seluruh main dealer Yamaha, salah satunya adalah PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) selaku main dealer motor Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara.


Dihadiri oleh President Director & CEO YIMM, Dyonisius Beti dan jajaran management YIMM, lebih dari 75 media dan blogger nasional secara langsung melihat proses produksi sepeda motor Yamaha yang sudah memenuhi kualitas standar global.


"Melalui kunjungan pabrik ini, rekan-rekan dapat langsung melihat line produksi Yamaha yang aktif membuat sepeda motor terutama untuk model favorit seperti MAXI, Classy, dan model lainnya. kami ingin menunjukkan kualitas produk Yamaha. Saya berharap kunjungan ke pabrik Yamaha ini dapat menjadi sebuah pengalaman yang istimewa dan memberikan informasi kapasitas pabrik Yamaha dalam memenuhi permintaan pasar dan menjaga kepuasan pelanggan dengan kualitas mutu produk yang tinggi,”ungkap Dyonisius Beti selaku President Director & CEO YIMM


Dalam kunjungan ini admin mendapat kesempatan untuk mengulik lebih dalam mengenai proses produksi sepeda motor, terlebih soal "Rangka" yang menjadi bagian utama dalam menopang keseluruhan body dan bobot sepeda motor. 


Intip Rahasia Sukses Yamaha Bikin Rangka Motor Bebas Karat



Setidaknya ada 4 poin utama yang menjadikan Rangka motor Yamaha sukses terbebas dari karat. 


1. Raw Material Rangka


Yamaha menjamin bahan baku yang digunakan merupakan bahan baku berkualitas setelah melalui beberapa tahapan proses yang sesuai dengan kondisi di indonesia. 


"Raw Material yang digunakan sudah berdasarkan kondisi di indonesia, kami menjamin penggunaan bahan baku yang berkualitas" Ungkap Dyonisius Beti selaku President Director & CEO YIMM


2. Ketebalan Rangka 


Yamaha menggunakan 2 jenis rangka pada produksi sepeda motornya yakni Tubular untuk seluruh sepeda motor metik dan twin spar atau deltabox untuk sepeda motor sport 155 cc. Yamaha menggunakan plat dengan ketebalan 2,3 mm sehingga terjamin kekuatannya. 


3. Welding Robotic dan Cat/Coating bekualitas


Dalam proses produksi rangka Yamaha menggunakan robotik dalam pengelasannya sehinga lebih presisi dan meminimalisir silikat. Yamaha sendiri mengamini bahwa dalam proses pengelasan timbul silikat. Silikat ini berguna untuk melindungi sambungan las dari korosi. 



Selain penggunaan las robotic, Yamaha juga menjamin kualitas rangka dengan melakukan cat/coating dengan metode celup (CED Paint) untuk rangka sepeda motor jenis matik. Sedangkan untuk rangka sepeda motor sport, selain celup (CED Paint) ada tambahan cat spray (Semprot). Hal ini dilakukan karena rangka pada sepeda motor sport terlihat dari luar. 


Penggunaan cat celup (CED Paint) menjamin bagian dalam rangka juga terproteksi sempurna. Ketebalan cat tiap lampisannya adalah 22 micron. 


4. Drain Hole


Selain pemilihan bahan baku baik, ketebalan plat rangka yang sesuai dan penggunaan cat yang berkualitas, Yamaha juga membuat drain hole (Lubang Pembuangan) pada tiap rangka sehingga tidak ada air yang tersisa/tergenang dalam rangka seandainya sepeda motor dipakai dalam kondisi hujan atau sehabis dicuci. 

Drain hole ini sangat penting untuk membuang air dalam rangka. Karena jika terdapat genangan air dalam rangka lambat laun dapat berpontensi menimbulkan karat. 

@jurnaloto Rahasia Yamaha Bikin Rangka Bebas Karat #yamaha #rangkayamaha #rangkaesaf ♬ original sound - MARNUTRI

 

"Saya berharap kunjungan ke pabrik Yamaha ini dapat menjadi sebuah pengalaman yang istimewa dan memberikan informasi kapasitas pabrik Yamaha dalam memenuhi permintaan pasar dan menjaga kepuasan pelanggan dengan kualitas mutu produk yang tinggi,” Tutup Dyonisius Beti selaku President Director & CEO YIMM


Last, itulah Rahasia Sukses Yamaha Bikin Rangka Motor Bebas Karat. Terimakasih,. Semoga berguna.