Yamaha STSJ

Bukan Gimik, Begini Cara Kerja Hybrid di Yamaha Grand Filano Hybrid Connected

Warungbiker.com - Bukan Gimik, Begini Cara Kerja Hybrid di Yamaha Grand Filano Hybrid Connected.

Perkara kesuksesan teknologi hybrid yang membuat konsumsi BBM Yamaha Grand Filano kian irit sudah admin singgung di artikel sebelumnya. Untuk mengingat kembali, silahkan klik tautan ini "Pakai Hybrid, Segini Komsumsi BBM Yamaha Grand Filano".

Banyak yang mengira, teknologi hybrid ini hanya gimik marketing, Bahasa kasarnya gak guna selain untuk memikat konsumen. Nyatanya, teknologi hybrid Yamaha ini bukan gimik, melainkan sistem yang memang bekerja membantu mesin kian galak di awal penggunaan. 

Sistem Hybrid bekerja dengan memaksimalkan fungsi Smart Motor Generator (SMG) yang sudah ada di mesin motor Bluecore Yamaha.

Jika sebelumnya SMG hanya berfungsi sebagai electric starter di motor, sekarang dimaksimalkan sebagai Hybrid Power Assist. SMG ini akan memberikan tenaga tambahan ke motor saat berakselerasi di awal penggunaan. 

Hybrid Power Assist memberikan tambahan tenaga selama 3 detik dari kondisi motor berhenti total saat berakselerasi. SGCU (Starter Generator Control Unit) disetting untuk mengaktifkan SMG saat motor mau mulai berjalan, bukan cuma bekerja saat motor pertama kali dinyalakan.

Hybrid Power Assist akan aktif saat putaran mesin di atas 1.300 rpm dan akan otomatis mati setelah 3 detik atau saat rpm mesin mencapai 5.500 rpm.

Gambaran umumnya, begitulah sistem Hybrid bekerja, khususnya pada Yamaha Grand Filano Hybrid Connected. Bedanya dengan competitor, hybrid  Yamaha tidak menggunakan batterai lithium meliankan hanya menggunakan aki konvensional Yuasa YTZ6V. Kendati demikian, hybrid Yamaha Grand Filano Hybrid Connected ini bekerja, bukan sekedar gimik marketing. 

FYI, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected hadir dengan dua tipe yaitu NEO dan LUX. Tipe NEO hadir dengan empat pilihan warna NEO Dull Blue, NEO Red, NEO Beige, dan NEO Black yang dibanderol dengan harga Rp 29.188.000 on the road Surabaya.   Sedangkan tipe LUX hadir dengan dua pilihan warna yaitu LUX White Pearl dan LUX Matte Blue yang dibanderol dengan harga Rp 29.688.000 on the road Surabaya.  

Informasi lebih lanjut terkait spesifikasi unit dapat dilihat melalui website www.yamaha-stsj.com atau melalui instagram resmi @Yamahafriends.