Yamaha STSJ

Inovasi Yamaha Bikin Rangka Underbone Grand Filano dan Fazzio Tahan Korosi

Warungbiker.com - Inovasi Yamaha Bikin Rangka Grand Filano dan Fazzio Tahan Korosi. 

Bisa dikatakan baik Yamaha Grand Filano maupun Fazzio punya jenis rangka yang sama yakni jenis underbone. Meski secara model berbeda, keduanya pakai rangka berbahan besi tubular atau pipa utuh yang dibentuk menjadi rangka. 

Yamaha mengklaim, rangka underbone ini kuat dan bebas dari korosi. Melalui Yamaha Malang (PT RODA SAKTI SURYA MEGAH/RSSM) yang masih bagian dari wilayah pemasaran Yamaha STJS (PT. Surya Timur Sakti Jatim) mengklaim bahwa sejak 2011 hingga 2023 belum ada aduan dari customer mengenai kerusakan rangka di areanya. Sehingga dapat dipastikan bahwa rangka produk-produk Yamaha terbukti kekuatannya. 

Jadi kepo nih, sebenarnya inovasi apa yang dipakai Yamaha sehingga Rangka Underbone khususnya pada  Grand Filano dan Fazzio Tahan terhadap korosi. 

Muhammad Khoirul selaku Supervisor Service Area Yamaha Malang memaparkan bahwa keunggulan rangka sepeda motor Yamaha (Underbone) yang kuat karena terbuat dari pipa tubular utuh dengan sambungan las robotik yang presisi sehigga terjamin kekuatannya. 

“Rangka underbone Yamaha terbuat dari bahan pipa tubular dengan ketebalan minimal 2,3 mm, sehingga terjamin kekuatannya.” Ujar Khoirul. 

Tidak hanya karena ketebalan pipa 2,3 mm, pendukung lain dari kekuatan rangka Yamaha adalah penggunaan robotik dalam pengelasan, coating dengan cat celup (CED) serta adanya inovasi berupa lubang drainase sehingga tidak ada air yang tertinggal dalam rangka saat sepeda motor dikendarai dalam kondisi hujan ataupun saat di cuci. 

Sebagai pembuktian efektifnya lubang drainase ini. Dilakukan ujicoba yang melibatkan peserta dengan menuangkan air pada rangka Yamaha Fazzio sebanyak 1 liter dan Nampak air keluar sempurna sejumlah 1 liter pula melalui lubang pipa bagian bawah rangka. 



“Semua air keluar 100%, artinya tidak ada air yang mengendap atau tertahan di dalam pipa rangka, sehingga tidak ada  potenti korosi akibat air. ” Tambah Khoirul.

Itulah Inovasi yang di buat oleh Yamaha, sehingga Rangka Underbone Grand Filano dan Fazzio Tahan Korosi. Terimakasih, semoga berguna.