Yamaha STSJ

Kualitas Jempolan, Belum Ada Kasus Klaim Rangka di Yamaha STSJ

Warungbiker.com - Kualitas Jempolan, Belum Ada Kasus Klaim Rangka di Yamaha STSJ

Beberapa waktu lalu kami berkesempatan untuk mengikuti gathering edukasi tentang kualitas Rangka Yamaha yang digagas oleh PT RODA SAKTI SURYA MEGAH (RSSM) bersama PT. Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) di Malang pada Jum’at 22 September 2023. 

Secara garis besar, gathering yang diikuti oleh mitra Yamaha, pemilik showroom mokas dan pemilik bengkel ini bertujuan untuk memberikan edukasi sekaligus pamer kualitas dari rangka Yamaha. 

“Kendati tidak ada kasus, kami perlu menyampaikan edukasi tentang kualitas kerangka motor Yamaha kepada para mitra agar mereka semakin yakin dengan kualitas produk kami.” Buka Jhupy Kurniawan selaku BM Yamaha Area Malang. 

Senada dengan Jhupy, Muhammad Khoirul selaku Supervisor Service Area Yamaha RSSM memaparkan materi tentang keunggulan rangka sepeda motor Yamaha (Underbone) yang kuat karena terbuat dari pipa tubular utuh dengan sambungan las robotik yang presisi sehigga terjamin kekuatannya. 

“Rangka underbone Yamaha terbuat dari bahan pipa tubular dengan ketebalan minimal 2,3 mm, sehingga terjamin kekuatannya.” Ujar Khoirul. 

Tidak hanya karena ketebalan pipa 2,3 mm, pendukung lain dari kekuatan rangka Yamaha adalah penggunaan robotik dalam pengelasan, coating dengan cat celup (CED) serta adanya inovasi berupa lubang drainase sehingga tidak ada air yang tertinggal dalam rangka saat sepeda motor dikendarai dalam kondisi hujan ataupun saat di cuci. 

Sebagai pembuktian efektifnya lubang drainase ini. Dilakukan ujicoba yang melibatkan peserta dengan menuangkan air pada rangka Yamaha Fazzio sebanyak 1 liter dan Nampak air keluar sempurna sejumlah 1 liter pula melalui lubang pipa bagian bawah rangka. 

“Semua air keluar 100%, artinya tidak ada air yang mengendap atau tertahan di dalam pipa rangka, sehingga tidak ada  potenti korosi akibat air. ” Tambah Khoirul.

Setelah antusias mengikuti acara tersebut, ada satu hal yang membuat kami cukup terkejut sekaligus bangga dengan kualitas rangka sepeda motor Yamaha. 

Yamaha RSSM yang merupakan kepangjangan tangan dari PT. Surya Timur Sakti Jatim (STSJ)  mengklaim bahwa sejak 2011 hingga 2023 belum ada aduan dari customer mengenai kerusakan rangka di areanya. Sehingga dapat dipastikan bahwa rangka produk-produk Yamaha terbukti kualitasnya.