Yamaha STSJ

Terjamin, Yamaha Rancang Rangka Motor Sesuai Dengan Iklim Indonesia

Warungbiker.com - Terjamin, Yamaha Rancang Rangka Yamaha Sesuai Dengan Iklim Indonesia

Bersama PT. Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) kami berkesempatan untuk mengunjungi pabrik Yamaha yang berada di Pulo Gadung pada Kamis, 31 Agustus 2023 lalu. 

Pada kesempatan tersebut, kami melihat secara langsung bagaimana produk Yamaha dibuat, khususnya dalam pembuatan rangka yang menjadi penopang utama suatau kendaraan. 

Bersamaan dengan isu rangka patah yang menimpa produk salah satu pabrikan, Yamaha Indonesia yang sudah terpercaya membuat produk dengan standar global, menjamin bahwa Rangka pada sepeda motor Yamaha dirancang dengan menyesuaikan iklim di Indonesia, dimana terdapat  dua musin yakni musim hujan dan kemarau. 

"Kalau hujan, semua (bagian) motor basah, makanya desain (rangka) harus diperhatikan. Karena kelembapan tinggi juga karat bukan terjadi di motor, tapi di mana-mana," kata Dyonisius Beti selaku President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Karena dirancang menyesuaikan dengan iklim Indonesia, maka tidak heran jika Yamaha memberikan inovasi berupa drain hole pada semua rangka sepeda motornnya, yang mana lubang drainase ini bertujuan untuk mencegah karat terjadi seandainya ada air yang menggenang dalam pipa rangka. 

Selain itu, pemilihan tebal pipa rangka yang mencapai 2,3mm dan ketabalan cat celup (CED) 22 mikron menjamin rangka Yamaha terbebas dari korosi. 

"Bahan kita relatif lebih tebal kalau dibandingkan, setau saya dua kali lipat dari yang lain. Ketebalan mempengaruhi kemampuan menahan karat. Misal pagar dengan besi yang tebal lebih tahan karat daripada yang tipis. Selain itu, kita ada sistem pencelupan, perlindungannya baik di luar dan dalam, jadi terlindung semua rangka kita. Ada standar tebal perlindungan, 22 mikron, bukan asal ada, tapi ada proses sehingga dia cukup," Tutup Dyon

Dengan kualitas yang dapat diandalkan tersebut, tidak heran jika Yamaha Motor Indonesia Manufacturing ( PT YIMM) memberikan jaminan mutu hingga 5 tahun (50.000 KM) untuk frame/rangka yang sebelumnya hanya 1 tahun (12.000 KM).