Yamaha STSJ

Wajib Paham! 4 Hal Ini Bikin Rangka Yamaha Kokoh Bertahun-tahun

Warungbiker.com - Wajib Paham! 4 Hal Ini Bikin Rangka Yamaha Kokoh Bertahun-tahun

BroSis sekalian, beberapa waktu lalu, kami diajak PT. Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) untuk berkunjung langsung ke pabrik Yamaha di Jawa Barat pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Dalam kunjungan ke pabrik Yamaha tersebut, Yamaha secara PeDe kasih garansi rangka hingga 5 Tahun untuk semua jenis skutiknya. PeDe-nya Yamaha ini  bukan tanpa alasan, setidaknya ada 4 poin utama yang membuat Rangka Yamaha Kokoh hingga bertahun-tahun. 

1. Raw Material Rangka

Yamaha menjamin bahan baku yang digunakan merupakan bahan baku berkualitas setelah melalui beberapa tahapan proses yang sesuai dengan kondisi di indonesia. 

"Raw Material yang digunakan sudah berdasarkan kondisi di indonesia, kami menjamin penggunaan bahan baku yang berkualitas" Ungkap Dyonisius Beti selaku President Director & CEO YIMM 

2. Ketebalan Rangka 

Yamaha menggunakan 2 jenis rangka pada produksi sepeda motornya yakni Tubular untuk seluruh sepeda motor metik dan twin spar atau deltabox untuk sepeda motor sport 155 cc. Yamaha menggunakan plat dengan ketebalan 2,3 mm sehingga terjamin kekuatannya. 

3. Welding Robotic dan Cat/Coating bekualitas

Dalam proses produksi rangka Yamaha menggunakan robotik dalam pengelasannya sehinga lebih presisi dan meminimalisir silikat. Yamaha sendiri mengamini bahwa dalam proses pengelasan timbul silikat. Silikat ini berguna untuk melindungi sambungan las dari korosi. 

Selain penggunaan las robotic, Yamaha juga menjamin kualitas rangka dengan melakukan cat/coating dengan metode celup (CED Paint) untuk rangka sepeda motor jenis matik. Sedangkan untuk rangka sepeda motor sport, selain celup (CED Paint) ada tambahan cat spray (Semprot). Hal ini dilakukan karena rangka pada sepeda motor sport terlihat dari luar. 

Penggunaan cat celup (CED Paint) menjamin bagian dalam rangka juga terproteksi sempurna. Ketebalan cat tiap lampisannya adalah 22 micron. 

4. Drain Hole

Selain pemilihan bahan baku baik, ketebalan plat rangka yang sesuai dan penggunaan cat yang berkualitas, Yamaha juga membuat drain hole (Lubang Pembuangan) pada tiap rangka sehingga tidak ada air yang tersisa/tergenang dalam rangka seandainya sepeda motor dipakai dalam kondisi hujan atau sehabis dicuci. 

Drain hole ini sangat penting untuk membuang air dalam rangka. Karena jika terdapat genangan air dalam rangka lambat laun dapat berpontensi menimbulkan karat.

@jurnaloto Rahasia Yamaha Bikin Rangka Bebas Karat #yamaha #rangkayamaha #rangkaesaf ♬ original sound - MARNUTRI

Nah, itulah 4 Hal Ini Bikin Rangka Yamaha Kokoh Bertahun-tahun. Jadi nggak usah ragu dech buat memilik produk Yamaha. Terimakasih, semoga berguna.