Yamaha STSJ

MPM Honda Jatim Edukasi Keselamatan Berkendara Karyawan Ajinomoto

JURNALOTO.COM – Brosis sekalian, PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT menggelar acara Edukasi dan Pelatihan Safety Riding untuk karyawan PT. Ajinomoto. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional.

Sebanyak 50 karyawan Ajinomoto mengikuti program safety riding ini. Dalam pelatihan ini, peserta mendapatkan materi teori dan praktik tentang keselamatan berkendara. Materi teori yang diberikan meliputi prediksi bahaya pada saat berkendara, penggunaan riding gear, dan teknik dasar berkendara.

Untuk materi praktik, peserta diajarkan teknik pengereman (panic braking), teknik slalom course, dan teknik balance statis. Teknik panic braking mengajarkan peserta cara mengerem dengan aman dalam situasi darurat. Teknik slalom course mengajarkan peserta cara melewati rintangan dengan aman. Teknik balance statis mengajarkan peserta cara menjaga keseimbangan saat berkendara.

Hari Setiawan, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim, mengatakan bahwa keselamatan berkendara merupakan bagian dari K3. "Keselamatan dalam berkendara juga merupakan bagian dari K3 seperti pada saat pekerja pulang dan pergi ke lokasi pekerjaan. Untuk itu pentingnya pengetahuan mengenai cara berkendara agar tetap #Cari_Aman di jalan juga wajib diketahui oleh pengendara sepeda motor khususnya yang mobilitasnya menggunakan kendaraan roda dua dalam bertugas," katanya.

Di MPM Safety Riding Centre, pengendara juga dapat berlatih menggunakan dengan alat simulasi berkendara seperti Honda Riding Trainer (HRT) agar dapat berlatih teknik dasar berkendara dan meningkatkan pemahaman tentang keselamatan berkendara secara aman dan efektif. 

Untuk pendaftaran pelatihan safety riding dapat diakses di www.mpmsafetyridingacademy.com 

MPM Honda Jatim berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara. Dengan mengikuti pelatihan safety riding, masyarakat dapat menjadi pengendara yang lebih aman dan nyaman di jalan.