Yamaha STSJ

Generasi Muda dan Yayasan AHM Bersatu Bangun Negeri

 

JURNALOTO.COM - Yayasan Astra Honda Motor (AHM) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung generasi muda membangun negeri. Kali ini, AHM memperkuat kontribusinya melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Satu Hati di Universitas Jember (UNEJ), Jawa Timur.

Program ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan pemerintah untuk menyiapkan pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Kolaborasi Membangun Desa Semboro

KKN Tematik Satu Hati mengusung tema "Satu Hati Bersinergi Membangun Negeri". Program ini mengajak mahasiswa KKN untuk mengabdi dan berkontribusi bagi masyarakat dalam berbagai program unggulan, seperti:

  • Penanganan sampah
  • Pengembangan perekonomian masyarakat desa

Tahun ini, KKN Tematik Satu Hati fokus pada pengembangan Desa Semboro, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Amartha Semboro, program ini akan:

  • Mencegah pencemaran lingkungan
  • Memanfaatkan limbah sampah menjadi bernilai bagi masyarakat sekitar melalui pengembangan bank sampah
  • Mengembangkan program budidaya magot dan lele, ternak ayam, eduwisata petik jeruk, serta pelestarian batik Semboro

SDGs Future Leaders: Mencari Generasi Penerus Bangsa

Selain KKN Tematik Satu Hati, AHM juga konsisten mencari generasi penerus bangsa yang kompeten dan siap mengabdi melalui program SDGs Future Leaders.

Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia untuk:

  • Mewujudkan aksi nyata membangun daerah
  • Mengembangkan ide kreatif yang mampu memberikan dampak bagi masyarakat secara berkelanjutan

Dukungan Beragam untuk Generasi Muda

Pada kesempatan yang sama, AHM juga:

  • Menyerahkan Beasiswa Pendidikan 2024 bagi Perguruan Tinggi di Tanah Air dengan total senilai Rp984 juta.
  • Mendukung program KKN Tematik Satu Hati dan SDGs Future Leaders dengan kerjasama dari berbagai pihak, seperti PT Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT Musashi Auto Parts Indonesia, PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, serta jaringan bisnis dan sepeda motor Honda PT Mitra Pinasthika Mulia sebagai Main Dealer regional Jawa Timur & NTT.

Komitmen AHM untuk Generasi Muda

Ahmad Muhibbuddin, Ketua Yayasan AHM, mengatakan bahwa kolaborasi dengan berbagai pihak diharapkan mampu memberikan efek ganda dalam meningkatkan kompetensi dan pengalaman mahasiswa.

"Kami ingin para mahasiswa dapat terjun langsung mendampingi masyarakat dengan program-program inovatif yang memberikan nilai ekonomi. Hasilnya diharapkan dapat terus dikembangkan ke depannya," ujar Muhib.

Program-program AHM ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendukung generasi muda membangun negeri. Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, AHM optimis generasi muda dapat menjadi agen perubahan positif dan membawa kemajuan bagi Indonesia.