Yamaha STSJ

Rahasia Suspensi Lebih Maksimal dan Terawat

JURNALOTO.COM – Brosis sekalian, setiap pengendara menginginkan perjalanan yang aman dan nyaman. Salah satu komponen penting untuk menunjang kenyamanan tersebut adalah suspensi atau shockbreaker. Merawat suspensi dengan tepat menjadi kunci agar komponen ini tetap awet dan berkinerja optimal.

“Pada dasarnya perawatan komponen ini sama pentingnya dengan komponen lain seperti ban, knalpot, maupun busi motor. Perawatannya juga mudah dan tidak membutuhkan alat yang macem-macem. Mengingat komponen ini memiliki peran penting supaya motor tidak mengalami goncangan yang hebat saat melewati jalan yang kurang bagus,” ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Tips Merawat Suspensi 

1. Rutin Membersihkan Suspensi

Kunci utama menjaga suspensi awet adalah dengan menjaga kebersihannya. Kotoran dan debu yang menempel dapat menyebabkan lecet hingga bocor. Oleh karena itu, bersihkan suspensi minimal 2 hari sekali agar kinerjanya tetap optimal.

2. Hindari Beban Berlebihan

Hindari membawa beban berlebihan saat berkendara. Hal ini akan membuat suspensi bekerja lebih keras dan melebihi kapasitasnya, sehingga berakibat pada kerusakan dini.

3. Hindari Penggunaan Aksesoris Berlebihan

Penggunaan aksesoris berlebihan, seperti anting peninggi suspensi, tidak disarankan. Aksesoris tersebut dapat mengganggu kinerja suspensi dan bahkan menyebabkannya patah.

4. Gunakan Pelumas yang Tepat

Gunakan Yamalube Front Fork Oil untuk menjaga performa suspensi tetap optimal. Oli ini memiliki viskositas tinggi yang memberikan performa lebih halus dan stabil saat berkendara.

Dapatkan Yamalube Front Fork Oil di bengkel resmi Yamaha terdekat. Informasi terkait bengkel resmi dapat dilihat melalui website resmi www.yamaha-stsj.com.