Yamaha STSJ

Manfaat Latihan Low Speed Balance pada Safety Riding Honda

JURNALOTO.COM - Keselamatan berkendara merupakan prioritas utama bagi Honda, yang selalu berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan pengendara melalui berbagai program pelatihan safety riding. Salah satu latihan penting dalam program tersebut adalah Low Speed Balance, atau keseimbangan kecepatan rendah. Latihan ini dirancang untuk membantu pengendara menguasai motor mereka dengan lebih baik pada kecepatan rendah, yang seringkali merupakan situasi kritis dalam berkendara sehari-hari.

Atas dasar tersebut, tidak mengherankan jika pada gelaran Safety Riding Course & Fun Competition Blogger Vlogger Jawa Timur yang digagas oleh MPM Honda Jatim (16/06/2024), Latihan Low Speed Balance menjadi materi wajib yang dilombakan. 

Baca juga : 

Low Speed Balance merupakan latihan yang menekankan pengendalian motor pada kecepatan rendah. Dalam latihan ini, pengendara diajarkan untuk menjaga keseimbangan motor sambil bergerak perlahan, biasanya di bawah 10 km/jam. Latihan ini sering kali melibatkan manuver melalui rintangan, tikungan tajam, dan situasi sempit, yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kontrol dan kestabilan pengendara.

Manfaat Utama Latihan Low Speed Balance

1. Peningkatan Kontrol Motor

Latihan Low Speed Balance membantu pengendara memahami cara mengendalikan motor mereka secara efektif pada kecepatan rendah. Ini termasuk penggunaan kopling, rem, dan throttle (bukaan gas) secara tepat untuk menjaga keseimbangan dan menghindari terjatuh.

2. Kesadaran Lingkungan

Dengan berlatih pada kecepatan rendah, pengendara menjadi lebih waspada terhadap lingkungan sekitar mereka. Mereka belajar untuk memperhatikan rintangan, pejalan kaki, dan kendaraan lain dengan lebih seksama, yang sangat penting saat berkendara di area perkotaan yang padat.

3. Mengurangi Risiko Kecelakaan

Kecelakaan sering terjadi pada kecepatan rendah, terutama saat manuver di area parkir, lampu merah, atau jalan yang macet. Dengan keterampilan Low Speed Balance yang baik, pengendara dapat mengurangi risiko terjatuh atau menabrak kendaraan lain.

4. Keterampilan Manuver

Latihan ini juga meningkatkan kemampuan manuver pengendara, memungkinkan mereka untuk berbelok dengan lebih tajam dan menghindari rintangan dengan lebih mudah. Ini sangat berguna dalam situasi darurat atau ketika harus bermanuver di ruang sempit.

5. Kepercayaan Diri

Menguasai teknik berkendara pada kecepatan rendah memberikan kepercayaan diri tambahan kepada pengendara. Mereka merasa lebih nyaman dan aman saat mengendalikan motor dalam berbagai situasi, yang pada akhirnya meningkatkan keselamatan secara keseluruhan.

Honda telah mengintegrasikan latihan Low Speed Balance ke dalam program safety riding mereka di berbagai pusat pelatihan. Program ini dirancang untuk pengendara dari berbagai tingkat keahlian, dari pemula hingga pengendara berpengalaman yang ingin meningkatkan keterampilan mereka.

Dalam sesi pelatihan, instruktur Honda yang berpengalaman memberikan panduan dan tips praktis tentang cara menjaga keseimbangan motor pada kecepatan rendah. Dalam Low speed balance ini peserta harus jalan pelan melalui jalur berliku-liku dan dikasih batas waktu. Para peserta diminta untuk menyelesaikan lintasan yang ditentukan dalam waktu 30 detik atau kurang tanpa boleh menabrak cone maupun menurunkan kaki.

“Latihan Low Speed Balance merupakan komponen krusial dalam program safety riding Honda. Dengan fokus pada pengendalian motor pada kecepatan rendah, latihan ini membantu pengendara meningkatkan keterampilan, kesadaran lingkungan, dan kepercayaan diri mereka. Melalui latihan ini, Honda terus berkomitmen untuk menciptakan pengendara yang lebih aman dan bertanggung jawab di jalan raya” Ungkap Dimas Satria, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.